Harga Kredit Motor Honda Yamaha Kawasaki Suzuki Pekanbaru. Dealer Honda Yamaha Suzuki Kawasaki Telp-HP-WA 0853-7496-0000

TIPS AMAN BERKENDARA SAAT MUSIM HUJAN

Jumat, Desember 27th 2013.

berkendara-saat-banjir-besarMusim hujan telah tiba!

Saatnya anda lebih ekstra hati-hati dan waspada dalam berkendara. Tidak memperhatikan cara berkendara saat musim hujan bisa membuat kejadian fatal terjadi, karena kondisi jalanan yang basah dan licin. Ingatlah, keluarga tercinta sedang menunggu anda di rumah.

Inilah beberapa tips aman berkendara disaat musim hujan:

Hidupkan lampu
Saat hujan, jarak pandang menjadi sangat rendah, disebabkan lebatnya hujan atau karena kondisi geografi seperti saat posisi di dataran tinggi. Sedikit saja hujan menyebabkan kabut tebal. Tujuan menghidupkan lampu untuk memberikan sinyal kepada kendaraan lain keberadaan kendaraan anda.

Perhatikan RPM
Putaran RPM yang terlalu tinggi dapat menimbulkan slip pada ban. Tipsnya, bagi kendaraan berbahan bakar bensin pada kondisi jalan basah usahakan jaga putaran dikisaran 2500rpm dan untuk kendaraan bermesin diesel dikisaran 1800rpm. Ini bertujuan agar traksi roda tetap pada kondisi optimal.

Jaga kecepatan
Pastikan anda sadar menjaga kecepatan kendaraan, jarak pandang dan lingkungan disekitar jalan. Kondisi jalanan licin, membuat rem tidak mencengkeram dengan baik. Hindari berkecepatan tinggi.

Hindari genangan banjir
Genangan banjir membuat jalanan tidak terlihat lagi, anda tidak dianjurkan menerjangnya. Karena mesin dapat mati mendadak. Namun jika kendaraan anda didesain untuk hal itu, tidak masalah. Tetapi tetap perhatikan tingkat genangan dengan tinggi mesin. Berkendaralah di belakang kendaraan lain untuk memastikan tidak ada lobang yang membahayakan anda.

Waspada dan berkonsentrasi
Tetap waspada dengan kondisi laju kendaraan disekeliling anda dan berkonsentrasi. Jangan berbicara dengan penumpang dan hindari mengangkat hape pada saat kondisi yang sulit seperti ini.

Demikian beberapa tips dari kami. Selain poin di atas, tidak ada salahnya jika anda mulai mencari asuransi untuk meminimalisir resiko kendaraan dan jiwa anda. Semoga bermanfaat.

Properti Terbaru